Monday, October 25, 2021

 Ubaid bin Umar menceritakan,

Dulu Ibrahim (as) bertamu kepada beberapa orang. Pada suatu hari, ia pergi untuk mencari orang yang akan didatanginya, tetapi ia tidak menemukan satu orang pun yang akan didatanginya. Kemudian ia kembali pulang ke rumahnya dan mendapati sudah ada dua orang berdiri di dalam rumahnya, maka ia bertanya,
"Wahai hamba Allah, mengapa engkau masuk rumahku tanpa izin dariku?"
Ia menjawab, "Aku memasukinya dengan izin pemiliknya."
"Lalu siapa kamu ini?" tanya Ibrahim.
"Aku adalah malaikat maut. Aku diutus Tuhanku kepada salah seorang dari hamba-Nya guna menyampaikan berita gembira kepadanya bahwa Allah telah mengangkatnya sebagai kekasih,' jawab malaikat itu.
Ibrahim pun bertanya, "Siapakah orang itu? Demi Allah jika engkau beritahukan orang itu kepadaku, jika ternyata ia berada di ujung dunia niscaya aku akan mendatanginya dan kemudian aku akan senantiasa menjadi tetangga baginya sampai kami dipisahkan oleh kematian."
Malaikat itu berkata, "Orang itu adalah kamu."
"Aku?" tanya Ibrahim.
"Ya benar," sahut malaikat.
Ibrahim bertanya, "Atas dasar apa Dia menjadikanku sebagai kekasih?"
Malaikat menjawab, "Karena engkau memberi orang dan tidak meminta (dari) mereka"
(Hadits riwayat Ibnu Abi Hatim yang dikutip oleh Ibnu Katsir dalam Kisah Para Nabi)

No comments:

Post a Comment