Friday, May 10, 2013

Kumpulan Hadits Tentang Cinta



Syarah Mukhtaarul Ahaadits
Sayyid Ahmad Al-Hasyimi
Penerbit Sinar Baru Algensindo, cetakan ke-9, 2008

Cintailah manusia (orang lain) seperti kamu mencintai dirimu sendiri
(HR Bukhari)

21. Peliharalah dirimu dari hal-hal yang diharamkan, niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah, dan relalah dengan apa yang telah diberikan Allah kepadamu, niscaya kamu menjadi orang yang paling kaya. Berbuat baiklah terhadap tetanggamu, niscaya kamu menjadi orang mukmin. Cintailah orang lain seperti kamu mencintai dirimu sendiri, niscaya kamu menjadi orang muslim. Dan janganlah kamu banyak tertawa karena banyak tertawa itu dapat mematikan hati.
(Riwayat Ahmad melalui Abu Hurairah ra)

45. Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu di suatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu di suatu hari nanti dia akan menjadi kecintaanmu (HR Turmudzi)

Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia memberinya cobaan (bala) supaya Allah mendengar tadharru’-nya (seruannya) (HR Baihaqi)

210. Amal yang paling utama setelah beriman kepada Allah adalah cinta kasih (at tawaddud) terhadap sesama manusia.
(Riwayat Imam Thabraqni)

245. Ya Allah, jadikanlah cinta kepada-Mu, merupakan hal yang paling aku cintai, dan jadikanlah takut kepada-Mu merupakan hal yang paling kutakuti di sisiku, serta putuskanlah tuntutan-tuntutan duniawi dariku dengan rindu untuk bertemu dengan-Mu. Apabila Engkau menyejukkan pandangan mata ahli dunia karena dunia mereka, maka sejukkanlah mataku karena ibadah kepada-Mu.
(Riwayat Abu Na’im melalui al Haitsam ibnu Mlaik ath Tha’i)

288. Sesungguhnya Allah SWT berfirman di hari kiamat, “Mana orang-orang yang saling mengasihi karena demi keagungan-Ku? Pada hari kiamat ini Aku naungi mereka di bawah naungan-Ku, yaitu di hari yang tiada naungan kecuali naungan-Ku”
(Riwayat Muslim melalui Abu Hurairah ra)

346. Apabila kalian menginginkan dicintai oleh Allah SWt dan rasul-Nya, maka sampaikanlah amanat, dan jujurlah dalam berbicara, serta berbuat baiklah kepada orang yang menjadi tetangga kalian.
(Riwayat Thabrani)

499. Ada tiga orang yang dicintai Allah SWT, yaitu: seseorang yang bangun di tengah malam lalu membaca Kitabullah (Al Quran); seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya dan menyembunyikan dari tangan kirinya; dan seseorang yang berada dalam barisan perang, lalu teman-temannya melarikan diri sedangkan dia terus maju menghadapi musuh.
(Riwayat Turmudzi melalui Ibnu Mas’ud ra)

514. Cintailah Allah melalui hamba-hamba-Nya, niscaya Allah akan mencintai kalian
(Riwayat Thabrani melalui Abu Umamah)

551. Alangkah kecewa dan meruginya seorang hamba yang Allah SWT tidak menanamkan rasa kasih saying terhadap manusia dalam hatinya.
(Riwayat Abu Na’im al Ashbahani)

651. Jarang berkunjung akan menambah cinta kasih
(Riwayat Thabrani)

No comments:

Post a Comment