Friday, May 10, 2013

Hadits-hadits tentang Azab


Syarah Mukhtaarul Ahaadits
Sayyid Ahmad Al-Hasyimi
Penerbit Sinar Baru Algensindo, cetakan ke-9, 2008

172. Orang yang paling keras azabnya di sisi Allah pada hari kiamat adalah orang-orang yang menyaingi ciptaan Allah.  (Riwayat Bukhari dan Muslim)

258. Sesungguhnya orang-orang yang telah membuat gambar ini (ashurah) akan diazab pada hari kiamat, lalu dikatakan kepada mereka, “Hidupkanlah apa yang telah kalian ciptakan itu.”
(Riwayat Syaikhan)

285. Sesungguhnya Allah SWT tidak mengazab karena air mata dan tidak pula karena sedihnya hati, akan tetapi Dia mengazab karena ini (perawi mengisyaratkan kepada lisannya) atau merahmati. Sesungguhnya mayat itu diazab disebabkan tangisan keluarganya.
(Riwayat Jamaah)

295. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Aku benar-benar akan menimpakan azab kepada penduduk bumi, tetapi apabila Aku memandang kepada orang-orang yang meramaikan rumah-rumah-Ku (Masjid-masjid) dan orang –orang yang saling menyayangi demi karena Aku, serta orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur, maka Aku kesampingkan azab-Ku dari mereka.
(Riwayat Baihaqi melalui Anas ra)

500. Ada tiga orang yang Allah tidak mau melihat mereka di hari kiamat, dan tidak mau menyucikan mereka, bagi mereka hanyalah azab yang pedih, yaitu: seseorang yang memiliki kelebihan air di tengah jalan, lalu ia mencegahnya dari ibnu sabil; seseorang yang berbaiat kepada seorang imam semata-mata untuk mendapatkan duniawi, apabila Imam memberikan sebagian darinya ia rela, dan bila Imam tidak memberikannya ia marah; dan seseorang yang bersumpah demi dagangannya, bahwa dia menjual barangnya jauh lebih murah daripada ketika ia membelinya, padahal ia berdusta.
(Riwayat Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah ra)

No comments:

Post a Comment