Tuesday, August 6, 2013

Penjelasan sloka 2.8.

Tidaklah menjadi soal apakah seseorang menjadi vipra (sarjana yang berpengetahuan tentang kebijaksanaan Veda) atau dilahirkan dalam keluarga yang lebih rendah atau berada pada tingkat melepaskan ikatan terhadap hal-hal duniawi dalam hidup - kalau ia menguasai pengetahuan tentang Krsna, ia menjadi guru kerohanian yang sempurna dan dapat dipercaya. (Caitanya-caritamrta. Madhya. 8.128). Tanpa menguasai ilmu pengetahuan kesadaran Krsna, tidak seorang pun dapat menjadi guru kerohanian yang dapat dipercaya.

Juga dinyatakan dalam kesusasteraan Veda:
"Seorang brahmana, ahli dalam segala bidang pengetahuan Veda, tidak menjadi syarat untuk menjadi guru kerohanian kalau ia tidak menjadi Vaisnava atau ahli di bidang ilmu pengetahuan kesadaran Krsna. Tetapi orang yang dilahirkan dalam keluarga dari golongan rendah dapat menjadi seorang guru kerohanian kalau ia menjadi Vaisnava atau sadar akan Krsna."

Masalah-masalah kehidupan material - kelahiran, usia tua, penyakit dan kematian - tidak dapat dilawan dengan cara mengumpulkan kekayaan dan perkembangan ekonomi. Mereka hanya dapat mencapai kebahagiaan sejati kalau mereka berkonsultasi dengan Krsna atau melalui utusan Krsna yang dapat dipercaya, yaitu orang yang sadar akan Krsna.

No comments:

Post a Comment